Minggu, 21 Maret 2010

Prediksi : ANTM – 19/03/10

antm190310

Ulasan singkat

  • Seperti biasa, untuk melakukan sebuah analisa. Saya menggunakan FIBO untuk memetakan keadaan candle.
  • Nampak Candle berada pada usahanya untuk menerobos FIBO38%-nya dan merupakan upaya untuk meninggalkan kondisi Down trend
  • Kondisi ini nampak jelas pada kedua garis regresi yang terbentuk, dimana candle sudah menyentuh upper regresi pertama dan berusaha meninggalkan middle regresi kedua
  • Tapi proses ini agak terganggu oleh Volume yang cendrung Konstan tanpa adanya peningkatan yang signifikan sehingga laju kenaikan candle akan berjalan lamban
  • Dan perhatikan, candle terakhir berada dibawah middle regresi dua. Ada kecendrungan, kalau hari Senin keadaan bursa akan konstan atau down. Jadi kemungkinan besar hari Senin nanti saham ini juga akan tetap atau menurun

Point penting dalam post ini

  • Dalam “Masuk” ke sebuah saham, hal terpenting adalah kita harus tahu - kapan kita harus “Keluar”
  • Oleh karenanya, kita perlu sebuah perencanaan/ skenario/strategi atau banyak lagi sebutan yang lainnya
  • Nah, saya coba tuliskan kebiasaan saya dalam membuat skenario tadi
    • Tentukan titik Start, saya gunakan perpotongan upper regresi pertama dengan middle regresi kedua sehingga berada disekitar titik 2225
    • Tentukan garis batas atas, saya gunakan perpotongan upper regresi pertama dengan upper regresi dua sehingga berada disekitar titik 2275
    • Tentukan garis batas bawah, saya gunakan perpotongan middle regresi pertama dengan upper regresi dua sehingga berada disekitar titik 2125
    • Saya melihat posisi candle sangat berpeluang untuk meninggalkan kondisi Down ini maka saya ambil titik diantara Titik Start dan titik batas bawah sehingga di dapat titik 2175
    • Nah, titik 2175 hingga 2225 merupakan area bermain kita. Bila titik 2225 terterobos maka candle akan UP Trend tapi bila turun dibawah 2175 maka sangat dimungkinkan untuk Down Trend
    • Jadi selama berada dikisaran titik-titik tersebut maka saham ini masih layak di koleksi
    • Tahap berikutnya, membuat titik keluar atas/ Target Point. Biasanya cari candle tertinggi terdekat sehingga didapatkan titik 2400
    • Bila titik ini tercapai, apakah langsung keluar ? Jawabnya tergantung kondisi grafik saat itu
    • Tahapan terakhir, membuat titik keluar bawah/ Exit Point. Saya gunakan perpotongan middle regresi satu dengan lower regresi dua sehingga didapatkan titik 2050
    • Bila titik ini terlewati maka candle sangat berpeluang menuju 1920 atau FIBO0%, satu keadaan yang sangat berat untuk UP-nya
    • Coba dipahami dulu ya, tapi ini hanya kebiasaan saya saja sehingga sangat dimungkinkan terjadinya perbedaan pendapat atau angka yang dihasilkan

Kesimpulannya

Melihat pergerakan Volume-nya, saya pribadi cendrung mengatakan saham ini akan bergerak dari keadaan Down Trend menuju kondisi Side Ways

Sejalan dengan perbaikan perekonomian dan bursa kita maka sangat dimungkinkan untuk terjadinya UP lanjutan. Tapi rasanya type saham ini lebih cocok untuk dijadikan investasi daripada ditradingkan secara harian

Catatan Kecil

Banyak cara untuk membuat skenario diatas, diantaranya menggunakan FIBO atau menggunaka garis bantu untuk Resisten/Support

Dan adalah Bijaksana, bila setiap “Masuk” sebuah saham. Kita telah memiliki perencanaan/skenario itu

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar