Jumat, 10 Juni 2011

My Diary : Jumat / 10-06-2011

Jadikan Pembeli sebagai ‘Orang Istimewa …’

Pagi tadi – cuaca sangat bersahabat … dengan penuh semangat  saya menyiapkan 1 karung besar berisi sprei beraneka ragam motif dan ukuran

Sekitar jam 09.00 WIB – Toko telah siap melayani pembeli … dengan penuh harap semoga hari ini banyak pembelinya ….Kita menyapa setiap pengunjung yang datang

  • Pengunjung pertama datang dan nego harga … namun ..tidak sepakat harga,
  • datang pengunjung kedua … hanya mencari info harga,
  • datang lagi pengunjung ketiga … dan kembali tidak ada kesepakatan harga

Semangat saya … mulai menurun … oleh adanya …kegagalan …beberapa kali nego harga … namun …akhirnya ..mulai ada transaksi pembelian meski hanya satu -  dua potong

Jam 14.00 WIB – Meski ada beberapa kali pembelian … namun …jumlah transaksi relatif kecil … dan … secara keseluruhan diperlukan ‘ Perjuangan Berat ’ untuk memperolehnya

  • Dengan penuh kejenuhan … saya …membuka bekal makanan dari rumah.
  • Sesuap demi sesuap nasi … saya memulai makan siang
  • Beberapa saat kemudian …datang serombongan keluarga …yang ingin berbelanja …
  • Saya hentikan …aktifitas makan siang saya

Ibu itu bertanya ‘ Ada sprei sorong ukuran 120x200 ? ‘

Ada ..’ jawab saya …’ Pakai harga 140 atau 160 ribu, bu ? ‘

Sesaat si ibu melakukan pemilihan motif dan membeli 1 set sprei sorong

Hampir bersamaan … datang pula …beberapa pengunjung lain yang ingin berbelanja ….

Waah … kedatangan ibu bawa rejeki …, pembelinya jadi banyak …’ ujar saya kepada si ibu … saat saya menerima pembayaran dari beliau …

Amin …’ jawab si ibu

Tahukah … anda …

  • Ternyata …ibu tadi …tidak langsung …meninggalkan kios kami …. Dan …beliau …justru …membantu … menyakinkan … calon pembeli lain …. sehingga …beberapa transaksi kembali terjadi
  • Bahkan setelah .. pembeli lain selesai dan meninggalkan kios …. Ibu tadi … menambah transaksi belanjanya dengan 9 potong sprei dan 2 potong selimut .. dan …

Hal yang terpenting … adalah …diakhir kegiatan belanja di kios kami …beliau berjanji dilain kesempatan … akan datang kembali untuk berbelanja

Waouh …tentunya …dengan sangat senang hati … saya mengucapkan terima kasih kepada beliau dan ini merupakan … satu pengalaman yang ‘Luar Biasa’ untuk saya

 

Hikmah yang didapat :

Meski sejujurnya … saya mengucapkan secara tulus bahwa ‘ kedatangan ibu bawa rejeki ’ namun … ucapkan tersebut menjadi si ibu adalah ‘ Orang Istimewa

Sehingga dengan senang hati pula, beliau membantu kelancaran transaksi lainnya dan … terpenting … kita memperoleh satu pelanggan yang baru

Semoga sedikit sharing diatas … ada manfaatnya …Amin

Makasih

BBNI …

bbni090611

MIDI …

midi090611