Jadikan Pembeli sebagai ‘Orang Istimewa …’
Pagi tadi – cuaca sangat bersahabat … dengan penuh semangat saya menyiapkan 1 karung besar berisi sprei beraneka ragam motif dan ukuran
Sekitar jam 09.00 WIB – Toko telah siap melayani pembeli … dengan penuh harap semoga hari ini banyak pembelinya ….Kita menyapa setiap pengunjung yang datang
Pengunjung pertama datang dan nego harga … namun ..tidak sepakat harga, datang pengunjung kedua … hanya mencari info harga, datang lagi pengunjung ketiga … dan kembali tidak ada kesepakatan hargaSemangat saya … mulai menurun … oleh adanya …kegagalan …beberapa kali nego harga … namun …akhirnya ..mulai ada transaksi pembelian meski hanya satu - dua potong
Jam 14.00 WIB – Meski ada beberapa kali pembelian … namun …jumlah transaksi relatif kecil … dan … secara keseluruhan diperlukan ‘ Perjuangan Berat ’ untuk memperolehnya
Dengan penuh kejenuhan … saya …membuka bekal makanan dari rumah. Sesuap demi sesuap nasi … saya memulai makan siang Beberapa saat kemudian …datang serombongan keluarga …yang ingin berbelanja … Saya hentikan …aktifitas makan siang sayaIbu itu bertanya ‘ Ada sprei sorong ukuran 120x200 ? ‘
‘ Ada ..’ jawab saya …’ Pakai harga 140 atau 160 ribu, bu ? ‘
Sesaat si ibu melakukan pemilihan motif dan membeli 1 set sprei sorong
Hampir bersamaan … datang pula …beberapa pengunjung lain yang ingin berbelanja ….
‘ Waah … kedatangan ibu bawa rejeki …, pembelinya jadi banyak …’ ujar saya kepada si ibu … saat saya menerima pembayaran dari beliau …
‘ Amin …’ jawab si ibu
Tahukah … anda … ?
Ternyata …ibu tadi …tidak langsung …meninggalkan kios kami …. Dan …beliau …justru …membantu … menyakinkan … calon pembeli lain …. sehingga …beberapa transaksi kembali terjadi Bahkan setelah .. pembeli lain selesai dan meninggalkan kios …. Ibu tadi … menambah transaksi belanjanya dengan 9 potong sprei dan 2 potong selimut .. dan …Hal yang terpenting … adalah …diakhir kegiatan belanja di kios kami …beliau berjanji dilain kesempatan … akan datang kembali untuk berbelanja
Waouh …tentunya …dengan sangat senang hati … saya mengucapkan terima kasih kepada beliau dan ini merupakan … satu pengalaman yang ‘Luar Biasa’ untuk saya
Hikmah yang didapat :
Meski sejujurnya … saya mengucapkan secara tulus bahwa ‘ kedatangan ibu bawa rejeki ’ namun … ucapkan tersebut menjadi si ibu adalah ‘ Orang Istimewa ’
Sehingga dengan senang hati pula, beliau membantu kelancaran transaksi lainnya dan … terpenting … kita memperoleh satu pelanggan yang baru
Semoga sedikit sharing diatas … ada manfaatnya …Amin
Makasih