Sabtu, 24 April 2010

Prediksi : KIAS – 23/04/10

kias230410

Ulasan singkat

  • Candle terakhir menyentuh titik 270 merupakan titik pertemuan dari lower regresi 6 bulan dan lower regresi 3 bulan
  • Sehingga dapat dikatakan, saham ini sudah cukup dalam koreksinya dan berpeluang rebound ke 310
  • Titik 310 merupakan titik perpotongan dari upper dan lower regresi 6 bulan,
    • Terjadinya perpotongan dalam satu regresi merupakan akibat dari kenaikan yang cukup tajam pada waktu sebelumnya
    • Dan biasanya titik ini adalah titik ideal untuk pijakan selanjutnya atau titik untuk istirahat panjang
  • Kemungkinan besar untuk minggu depan, saham ini akan diturunkan lagi menuju 255 merupakan titik perpotongan lower regresi 3 bulan dan lower regresi 1 bulan
  • Bila titik ini tersentuh, rasa-rasanya saham ini sudah menyentuh titik terendah-nya sehingga peluang rebound-nya lebih besar
  • Titik Exit Point kita berikutnya pada titik 215

 

  • Untuk CL/Cut Loss :
    • Kalau kita ikuti skenario sebelumnya maka saat titik 280 tersentuh seharusnya kita “Keluar”
    • Sebab penurunan ini membuka peluang turun menuju 255 bahkan menuju ke 215. Wah …, akan rugi besar kita …!
    • Tapi kita juga pernah mengalami hal seperti ini pada SMRA, saat saya akan “Keluar” justru beberapa hari kemudian sahamnya “Naik Kelas”
    • Lalu, apa yang harus kita perbuat … ?
      • Bila tidak ada kebutuhan mendesak, saya rasa lebih tepat menunggu kepastian arah candle. Tapi bila ada kebutuhan mendesak maka sangat disarankan untuk “Keluar”
      • Bila menemukan saham lain yang lebih menjanjikan maka dipersilahkan untuk “Keluar”. Sebab profit dari saham yang baru diharapkan dapat menutupi kerugian saham ini
  • Bila pilihan Cut Loss/Keluar yang terjadi, maka …
    • Bila kerugian masih dibawah 20% maka lakukan secara bertahap
    • Bila kerugian diatas 20% maka lakukan secara keseluruhan
    • Sebab saya rasa, dengan kejatuhan yang sangat dalam ini maka kemampuan untuk rebound dalam waktu dekat rasanya maksimal di 20% saja atau dikembalikan pada titik FIBO50%-nya
  • Apa tindakan yang saya lakukan … ?
    • Saya pribadi sedang menunggu kepastian arah candle sambil melakukan Average Down dalam jumlah “Dikit-dikit”
    • Kenapa bisa demikian … ?
      • Sebab mendasar adalah saya gunakan “Dana tak terpakai” yaitu dana yang benar-benar tidak akan kita gunakan minimal 1 bulan ke depan
      • Tentunya, rekan-rekan mengetahui bahwa beberapa waktu lalu. Saya melakukan Take Profit pada INDY
      • Dan dana inilah yang saya gunakan untuk “Masuk” ke KIAS
    • Apakah dananya masih mencukupi … ?
      • Relatif masih cukup sebab saya “Masuk” dalam jumlah “Dikit-dikit
      • Setiap kali, saya masuk hanya belanja 5 – 10 lot saja
      • Dan belanja kalau harga sudah menurun antara 10 – 20 point
  • Terus terang, saya pribadi tidak menyangka bahwa KIAS akan dibawah turun hingga sedalam ini.
    • Sebab pada kisaran 300 – 310 masih terjadi pertempuran yang sengit antara yang “Masuk” dan yang “Keluar”
    • Selama perjalanannya, yang “Keluar” sebagian besar adalah pemain lokal
    • Sehingga saya masih optimis akan rebound untuk waktu dekat
    • Dan baru kemarin, hampir setengah lebih yang “Keluar” adalah pemain asing
    • Akibatnya saya kuatir saham ini benar-benar akan ditinggalkan
  • Saya pribadi mohon maaf sedalam-dalamnya, bila ada rekan-rekan memiliki sejumlah dana yang tertahan pada saham ini. Semua ini menjadi pelajaran ber-harga untuk saya sehingga memiliki kesimpulan
    • “Masuklah, saat akan naik ..! Bukan tampung, saat turun “
    • “Agak terlambat tapi Untung bukan Agak Cepat tapi Buntung “
  • Kedua pelajaran ini, yang akan saya pegang selalu. Dan saya terapkan pada komentar saya di COWL atau pada ulasan-ulasan berikutnya

Catatan kecil

Bila memang dipandang perlu dan sangat mendesak untuk dilakukan Cut Loss, maka LAKUKAN … !  Sebab hal ini adalah hal yang sah-sah saja

Tapi kalau masih bisa bertahan, maka ber-sabar-lah ! sebab secara fundamental dan kinerja perusahaan untuk saham ini cukup baik

Lepas dari semuanya, sekali lagi saya juga masih belajar dan saya adalah pemula. Maka info yang terjadi sangat dimungkinkan terjadi kesalahan

Oleh karena-nya, perlu chek dan re-check kembali dengan narasumber lainnya

Makasih

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar