Jumat, 18 Desember 2009

3M, sedang “Kritis” … ?

     Ada 3 saham yang sering dilakukan analisa secara bersama-an dan gerak harganya cendrung hampir sama.
     Ketiga saham itu adalah ANTM, INCO dan TINS. Seringkali disebut 3M, 3 Metal ataupun saat “Kejayaan”-nya disebut 3 Macan.


     Cukup lama, saya tidak mengamati 3M sebab saya berasumsi ketiganya adalah saham yang “aman-aman” saja.
    Tapi semalam saya coba buka-buka lagi, dan ada info “Kritis” yang terjadi di sana.
    Mari kita amati bersama info “kritis” itu, pada post 3M, sedang "Kritis" ...?



antm171209
Aneka Tambang (Persero) Tbk
antm171209
antm171209
antm171209
     Pada Simple-MA nampak price sudah dibawah MA5/merah, dengan susunan yang “Tidak Diharapkan”. Keadaan ini didukung PSar yang memberi signal Jual.
     Indikator ADX menunjukan +DI dan ADX dibawah 20 dan berusaha naik ke angka tersebut, sedang –DI sudah mengarah turun. Demikian halnya dengan indikator CCI  memberikan info sudah Over Sold sebab berada di bawah –100.
    Kondisi “Kritis” diperjelas pada MACD yang nampak histogram di area bawah nol dengan kedua garis juga dibawah nol dan signal yang diberikan adalah Jual / down trend adanya.

inco171209  
International Nickel Ind Tbk
inco171209
inco171209
inco171209
     Pada Simple-MA nampak price sudah dibawah MA5/merah, dengan susunan yang “Tidak Diharapkan”. Keadaan ini didukung PSar yang memberi signal Jual namun posisinya makin merapat dengan pricenya.
     Indikator ADX menunjukan +DI dan ADX dibawah 20 dan ADX berusaha naik ke angka tersebut, sedang –DI tetap mengarah ke atas. Pada indikator CCI  memberikan info akan Over Sold sebab berada tepat di –100.
    Kondisi “Kritis” diperjelas pada MACD yang nampak histogram merapat di nol dengan kedua garis juga dibawah nol dan signal yang diberikan baru saja terjadi DC.

tins171209   
Timah. Tbk
tins171209
tins171209
tins171209
     Pada Simple-MA nampak price sudah dibawah MA5/merah, dengan susunan yang “Tidak Diharapkan”. Keadaan ini didukung PSar yang memberi signal Jual.
     Indikator ADX menunjukan +DI mengarah turun dibawah 20 dan ADX berusaha naik melewati 20, sedang –DI tetap mengarah ke atas menuju 40. Pada indikator CCI  memberikan info sudah Over Sold sebab sudah melewati –100.
    Kondisi “Kritis” diperjelas pada MACD yang nampak histogram sudah berpindah dibawah nol dengan kedua garis juga dibawah nol dan signal yang diberikan memastikan DC-nya yang berarti Jual / down trend.
Kesimpulannya
     Ketiga saham di atas, sangat rawan koreksi lanjutan. Dengan indikator yang disajikan, saya rasa sangat sulit untuk ketiganya mampu up kembali hingga akhir tahun.
     Rumor “Windows Dressing” nampaknya tidak efektif untuk mengangkat ketiga saham ini.
     Ketiganya akan down kembali, tapi untuk simpan Middle dan Long Therm masih cukup menjanjikan seiring makin membaiknya perekonomian regional maupun internasional.

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar