Jumat, 01 Januari 2010

Bagaimana dengan TRUB … ?

    TRUB ( Truba Alam Manunggal E . Tbk ) juga merupakan salah satu emiten dibidang energi terutama di pengadaan listrik.

     Tentu sangat menarik untuk mengamati potensi saham ini di tahun 2010 terutama untuk triwulan pertama-nya.

     Kita amati perkembangan sejak hari IPO hingga akhir tahun 2009.

trub2007-2009

   Pada hari IPO-nya didapatkan harga 560 dan terus perkembang hingga puncaknya di angka 1630. Dan perlahan mengalami penurunan hingga akhir 2008 mencapai angka 50 sebagai angka terendahnya.

    Tahun 2009 berusaha untuk naik kembali namun masih cukup berat untuk meraihnya sehingga pada akhir tahun terhentikan di angka 126 saja.

    Kita coba amati data tahun 2009 dalam bentuk grafik mingguannya

trub-weekly-2009

      Nampak harga berusaha meninggalkan MA5 namun masih belum berhasil.

     Dari susunan garis MA, nampak masih ada rasa optimis bahwa saham ini akan naik kembali. Sebab MA5 belum DC dengan MA50-nya.

     Kita persempit waktu pengamatan menjadi periode Agustus hingga Desember 2009, dan kita tambahkan indikator simple-MA.

trub-agu-des-2009

      Pada periode ini, didapatkan angka tertinggi di 200 dan terendah di 102 sedang posisi terakhir di 126.

    Perhatikan garis MA5 sudah berusaha naik untuk memotong MA20, yang didahului dengan candle harga yang sudah berada diatas MA5. Sebuah harapan untuk kenaikannya. Tapi sayang, susunan MA masih memberikan info down trend sebab MA50 berada teratas.

     Untuk memastikan peluang kenaikan ini, saya tambahkan indikator MACD dan MFI untuk acuhan tambahan.

trub_skenario      trub_skenario

    Pada MACD nampak garis MACD berusaha memotong garis Signal dari bawah ke atas atau berpeluang untuk Golden Cross, didukung histogram yang makin merapat ke nol.

    Pada MFI nampak sudah mulai bergerak naik menuju 50%. Satu hal yang menarik, saat harga turun namun gerak MFI justru naik. Sebuah peluang atau masih perlu kesabaran yang lebih dalam … ?

     Berdasarkan beberapa indikator diatas, maka dapat disusun skenario seperti berikut.

trub_skenario

   Saya optimis, TRUB memiliki kemampuan untuk naik dengan misi pertamanya menerobos angka 135. Tidak tercamtum dalam grafik. Tapi angka ini harus dilewati TRUB untuk melanjutkan ke angka 146 sehingga memudahkan ke 156. Sebuah rasa optimis, dengan harapan misi  ke 135 dapat terselesaikan pada akhir Januari maka angka-angka berikutnya dapat dengan mudah diraih.

      Nah, kalaupun terjadi kegagalan maka angka 120 cukup kuat untuk dijadikan pertahanan tapi bila terlewati maka harus Ekstra hati-hati sebab membuka jalan menuju angka 102.

Kesimpulannya :

     TRUB memiliki kemampuan untuk naik lanjutan, tapi tetap Hati-hati sebab dalam satu tahun ini upaya naik hanya mencapai sepertiga harga saat hari IPOnya. Sebuah keadaan yang masih sangat jauh untuk mencapai tampilan maksimalnya.

    Tetap hati-hati dan berpikir positif untuk memilih sebab ini hanya ulasan berdasarkan grafik TA-nya saja dan bukan memastikan gerak harga saham tersebut. Makasih.

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar