Sabtu, 17 April 2010

Prediksi : GJTL,BHIT dan DOID – 16/04/10

Ini adalah jawaban untuk NATHANAEL yang ditulis pada ShoutBox tanggal 17/04/10

1. GJTL / Gajah Tunggal tbk

gjtl160410

  • Perhatikan, ketiga upper regresi berada pada satu titik dan ter-sentuh oleh candle. Yang saya pertegas dengan penambahan lingkaran pink
  • Saya melihat pertahanan 880 sebagai penentu kemampuan UP atau kelanjutan Down
  • Secara umum, pada indikator ichimoku nampak susunan yang “Diharapkan” dengan Lagging di atas candle
  • Didukung Psar dibawah candle atau masih signal beli
  • Demikian dengan volume masih dapat dikatakan layak masuk sebab histogram diatas VolumeEMA(9) dan VolumeEMA(14).
  • Kesimpulannya : Saham ini hanya mengalami Teknikal Koreksi saja, atau istilah-nya sedang di-”Service” untuk kenyaman-an pada perjalanan berikut-nya

2. BHIT / Bhakti Investama tbk

bhit160410

  • Sudah ada beberapa web/blog yang membahas tentang BHIT, maka saya coba sajikan dengan regresi untuk menentukan Exit Point-nya
  • Terlihat dari dua titik perpotongan garis regresi dibawah candle yaitu titik 790 dan titik 700
  • Bila titik 790 tersentuh maka Lagging berpotensi berada dibawah candle atau menguatkan proses penurunan itu
  • Candle terakhir sudah memastikan Death Cross dengan Base, atau peluang penurunan lanjutan
  • Signal Psar juga baru saja berpindah ke atas candle atau signal jual
  • Kesimpulannya : Ada 2 titik Exit Point berdasarkan garis regresi-nya,
    • Yang mana yang akan dipilih ? Tergantung Strategi yang anda gunakan ! Terutama tingkat toleransi anda terhadap “Kerugian”.
    • Tapi yang paling mendasar, bila saham ini benar akan diturunkan dibawah 700-an maka saya akan "Masuk” dikit-dikit.
    • Saya optimis dalam waktu dekat saham ini memiliki kecendrungan kuat untuk bermain diatas 1000-an. Apalagi bila BHIT berhasil memperoleh tambahan modal untuk ekspansi usaha-nya maka saham ini berpeluang untuk Terbang
    • Tapi ini hanya prediksi bukan memastikan lho !

3. DOID / Delta Dunia Makmur tbk

doid160410

  • Secara mendasar menunjukan Teknikal Analisa yang memastikan potensi Down Lanjutan
  • Saham ini berusaha “Bangkit” melalui rumor RI di 1400, namun hanya sementara waktu saja sehingga cendrung dibawah turun kembali
  • Satu catatan penting, bila gerak candle melalui rumor dan aksi korporasi ini kurang ditindak lanjuti secara real maka trader akan kehilangan kepercayaan dan mulai melihat saham yang lain.
  • Inilah yang terjadi pada saham ini, tapi bila korporasi benar-benar mewujudkan suatu tindak real yang terkait dengan rumor sebelumnya maka sangat dimungkinkan saham ini akan “Bangkit” kembali
  • Mungkin ada yang bertanya “ Saya sering menyebutkan Sudut penurunan atau Sudut kenaikan “ apa maksudnya ya .. ?
    • Yang saya maksudkan adalah jarak yang terbentuk dari dua garis bantu, dengan jarak makin menjauh menunjukan keadaan yang menguatkan arah pergerakan candle
    • Contoh di grafik atas untuk penggambarannya, saya tambahkan lingkaran-lingkaran pink sehingga memiliki info penguatan dari candle yang menurun
    • Coba dipahami ya, ini sangat sederhana tapi sangat membantu dalam menganalisa gerak candle
  • Untuk Exit Point, saya tidak menemukan secara signifikan sebab saham yang bergerak dengan rumor biasanya Teknikal Analisa kurang valid hasilnya
  • Tapi melihat penurunan volume yang signifikan maka saya cendrung mengatakan “ Lebih Cepat, Lebih Baik “
  • Tapi ini hanya prediksi lho … ! perlu cross check dengan narasumber lainnya.

Catatan kecil

Sangat penting memiliki perencanaan atau strategi dalam trading saham. Jangan asal ikut-ikutan, sekali lagi jangan asal ikut-ikutan

Tapi pahami betul potensi saham yang akan di-koleksi

Tentukan Entry Point, Target Price dan Exit Point-nya

Koleksi dengan jumlah “Dikit-dikit” dulu

Bila tak memiliki perencanaan, saya rasa dan saya menyarankan untuk menunda dulu aktifitas trading ini

Sekali lagi, jangan asal hantam sana – hantam sini. Tapi miliki dulu sebuah Trading Plan ya … !

Sebuah keinginan untuk ber-bagi, dari saya yang masih dalam tahap belajar sehingga sangat dimungkinkan untuk adanya kesalahan

Ok, makasih

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar