Selasa, 05 Januari 2010

TINS, esok koreksi … ?

    TINS kembali berjalan sesuai skenario, dengan lompatan yang tajam hingga sentuh 2250 dan akhirnya distabilkan di 2175.

    Tapi sayang, terjadi GAP sejak awal pembukaan hingga penutupan market hari ini. Saya rasa, esok TINS sangat berpeluang untuk menutup GAP-nya dulu sebelum melanjutkan skenario ke 2250.

    Coba perhatikan grafik TA-nya.

tins050110    Kenaikan hari ini, memang didukung dengan kenaikan volume transaksinya. Sehingga MA10/biru memotong MA20/coklat secara Golden Cross. Tapi kenaikan Candle Harga ini sangat menjauh dari upper Bollinger Band dan membentuk GAP disana.

    Secara umum, munculnya GAP akan menghambat laju gerak candle harga. Dalam kasus TINS, saya rasa esok hari sangat dimungkinkan untuk koreksi sebagai upaya tutup GAP.

---------------------------------------------------

    Kenapa … ?

tins050110

    Pada indikator CCI, nampak kondisi TINS sudah sangat OVER BOUGHT yaitu sudah menyentuh angka 300.

    Secara umum, bila sudah Over Bought maka akan ditarik kembali ke area “Netral” yaitu di 100 hingga –100 nya. Atau sangat dimungkinkan mengalami penurunan harga.

tins050110

    Stokastik memberikan info yang sama, bahkan sudah memastikan adanya DC antara %K terhadap %D dan smooth %D di area Over Bought yaitu di atas 80%.

    Biasanya keadaan DC ini berakibat pada penurunan harga saat esok harinya, sesuai teori dasarnya yaitu bila sudah Over Bought maka akan ditarik kebawah menuju area bermainnya antara 20% hingga 80%. ( Info Stokastik )

--------------------------------------------------

Apakah pasti akan koreksi … ?

    Belum tentu, sebab MACD berkata lain.

tins050110

     Histogram nampak terus tumbuh memanjang di atas area nol. Bersamaan dengan garis MACD yang memasuki area atas nol pula. Sebuah info untuk peluang untuk up lanjutan.

    Tapi garis Signal masih tertinggal dibawah nol sehingga masih ada peluang untuk terjadinya down.

    Secara umum, dapat dikatakan MACD masih memberikan info untuk LAYAK BELI.

--------------------------------------------------

Kesimpulannya

    Saya pribadi berpendapat bahwa esok TINS sangat berpotensi akan koreksi tipis-tipis saja menuju angka 2125. Tapi tidak menutup adanya peluang untuk up lanjutan dengan menyelesaikan skenario ke 2250-nya.

    Sekali lagi, ini hanya prediksi lho … ! Makasih

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar